Minggu, 09 Januari 2011

materi tingkatan sistem

Berikut sembilan tingkatan sistem yang dikemukakan oleh Keneth E. Boulding :
1.      Sistem statis ( Framework )
Sistem ini terdiri dari sejumlah komponen yang terkait satu sama lain tetapi masing – masing berada dalam posisi statis. Level ini sering disebut struktur statis.Misalnya alom,molekul,kristal.

2.      Sistem dinamis sederhana ( clockwork )
Sistem ini dicirikan oleh adanya gerakan – gerakan sederhana dan teratur karenanya mudah ddipredikasi. Sering disebut juga sistem kerja jam ( clockwork ). Termasuk dalam level ini adalah mesin sederhana dan sistem tata surya.

3.      Sistem sibernetika ( cybernetic )
Sistem pada level ini dicirikan dengan adanya mekanisme kendali atau kemudi. Sistem ini sedikit lebih rumit dibandingkan sistem sebelumnya karena adanya transmisi dan penafsiran informasi sederhana sehingga memungkinkan terjadinya pengendalian.

4.      Sistem yang mengatur dirinya sendiri (open-self maintaining )
Pengaturan diri sendiri dimungkinkan karena adanya unsur eksternal yang ikut berperan. Di sini sudah terjadi mekanisme yang mirip dengan kehidupan sederhana.

5.      Sistem genetik sosial (genetic-societal )
Dalam sistem ini sudah ada kehidupan yang sederhanadengan tingkat mobilitasnya yang sangat terbatas.sistem ini dicirikan oleh aktivitas sel yang saling bergantung satu sama lain di dalam organismeyang bersangkutan.

6.      Sistem hewan ( animal )
Pada sistem ini sudah ada kehidupan yang lebih kompleks dan mobilitas yang tinggi. Kecuali itu sistem animal sudah memiliki kemampuan mengolah informasi meskipun relatif masih sederhana. Informasi yang masuk diolah sehingga menghasilkan keputusan yang mengantarkan kepada tercapainya tujuan. Jadi sudah ada perilaku yang mengarah kepada sasaran.

7.      Sistem manusia ( human )
Level manusia berbeda dengan hewan karena dimilikinya kesadaran akan dirinya sendiri dan kemampuan berpikir yang kompleks. Manusia mampu menggunakan bahasa dan simbol – simbol yang rumit. Kecuali itu manusia juga memiliki kesadaran akan waktu dan ruang. Manusia juga memiliki sifat – sifat, tujuan hidup, dan filosofi hidup yang khas sehingga setiap manusia memiliki perilaku unik dan sulit diprediksi.

8.      Organisasi sosial ( social organization )
Kumpulan dari manusia menciptakan sistem sosial yang sangat rumit karena di dalamnya berkumpul individu – individu yang memiliki karakteristik yang berbeda – beda. Dalam kenyataannya dijumpai banyak sekali sistem sosial dengan motivasi dan variasi yang sangat beragam.

9.      Sistem transedental ( unknow )
Sistem ini lebih rumit lagi karena lebih banyak menggunakan simbol – simbol yang dapatdimaknai berbeda – beda oleh orang yang berbeda. Termasuk dalam sistem transedental adalah permasalahan yang hanya bisa dijawab melalui dimensi etika dan agama.
Selain itu tingkatan sistem ada juga yang meliputi :
1.      Sistem Abstrak dan Sistem FisikSistem abstrak (abstract system)
Adalah sistem yang berisigagasan atau konsep, misalnya sistem teologi yang berisi gagasan tentang hubungan manusia dantuhan. Sedangkan sistem fisik (physical system) adalah sistem yang secara fisik dapat dilihat,misalnya sistem komputer, sistem sekolah, sistem akuntansi dan sistem transportasi.
2.      Sistem Deterministik dan Sistem Probabilistik
Sistem deterministik (deterministic system) adalah suatu sistem yang operasinya dapat diprediksi secara tepat, misalnya sistem komputer. Sedangkan sistem probabilistik (probabilistic system)adalah sistem yang tak dapat diramal dengan pasti karena mengandung unsur probabilitas,misalnya sistem arisan dan sistem sediaan, kebutuhan rata-rata dan waktu untuk memulihkan jumlah sediaan dapat ditentukan tetapi nilai yang tepat sesaat tidak dapat ditentukan dengan pasti.

3.      Sistem Tertutup dan Sistem Terbuka
Sistem tertutup (closed system) adalah sistem yang tidak bertukar materi, informasi, atau energi dengan lingkungan, dengan kata lain sistem ini tidak berinteraksi dan tidak dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya reaksi kimia dalam tabung yang terisolasi. Sedangkan sistem terbuka (open system) adalah sistem yang berhubungan dengan lingkungan dan dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya sistem perusahaan dagang.

4.      Sistem Alamiah dan Sistem Buatan Manusia
Sistem Alamiah (natural system) adalah sistem yang terjadi karena alam, misalnya sistem tata surya. Sedangkan sistem buatan manusia (human made system) adalah sistem yang dibuat oleh manusia,misalnya sistem komputer.

5.      Sistem Sederhana dan Sistem Kompleks
Berdasarkan tingkat kerumitannya, sistem dibedakan menjadi sistem sederhana (misalnya sepeda) dan sistem kompleks (misalnya otak manusia )
Posisi administrasi dalam tingkatan sistem
Dari 9 tingkatan sistem tersebut, administrasiberada pada posisi ke-8 karena merupakan aktivitas yang dilaksanakan pada suatu kelompok sosial yang disebut organisasi. Ini berarti bahwa administrasi adalah sistem yang sangat rumit dan kompleks. Pemahaman terhadap administrasi harus dilakukan dengan terlebih dahulu memahami berbagai tipe sistem yang ada pada level di bawahnya. Kecuali itu juga dituntut kemampuan memahami interaksi sosial dan relasi sosial. Sedangkan dari 5 tingkatan sesudahnya administrasi termasuk dalam sistem terbuka karena dengan interaksi itu maka administrasi juga merupakan sistem yang terbuka yang berarti administrasi harus berinteraksi dengan lingkungan dalam melaksanakan tugas atau pekerjaannya.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar